Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Hadapi Ujian Madrasah, MTs Negeri 7 Bantul Selenggarakan Bimtek Penyusunan Soal HOTS

    Bantul (MTsN 7 Bantul) – Ujian madrasah di masa pembelajaran daring saat ini semakin dekat, tentunya hal tersebut harus dipersiapkan oleh MTs Negeri 7 Bantul. Sabtu (13/3) MTs Negeri 7 Bantul mengadakan kegiatan Bimtek Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam rangka menghadapi ujian madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 hingga 12.00 ini dihadiri oleh seluruh guru MTs Negeri 7 Bantul.

    Drs. Ma’mur Amprani, M.Pd., saat sambutannya menyampaikan bahwa pembelajaran HOTS di MTs Negeri 7 Bantul saat ini harus terus ditingkatkan. Ia juga menambahkan bahwa pemberian soal HOTS kepada siswa seharusnya juga dibarengi dengan pembelajaran yang mengarahkan pemikiran siswa agar mampu berpikir kritis (critical thinking), tidak hanya menghafal materi pembelajaran saja.

    Kegiatan Bimtek Penyusunan Soal HOTS ini dibimbing oleh Anik Lestari, M.Pd., seorang guru MTs Negeri 1 Yogyakarta. Rekam jejak Anik Lestari ini sangat bagus, ia pernah menjadi penulis soal matematika nasional tahun 2018. Selain itu ia juga pernah menjadi instruktur nasional bedah SKL dan pembuatan soal HOTS tahun 2019.

    Pada saat pemberian materi, Anik kembali mengulas mengenai level kognitif dalam pembuatan soal. Ia mencontohkan satu topik soal dapat dibuat menjadi berbagai level kognitif soal, mulai dari C1 hingga C6. Setelah mengulas beberapa soal HOTS, guru-guru juga kemudian Bersama-sama membuat soal HOTS sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

    “Saya dan teman-teman guru majuba yang lain merasa sangat antusias mengikuti kegiatan bimtek ini.” papar Siti Arifah, S.Pd., guru Matematika MTs Negeri 7 Bantul. Ia juga memberikan pendapat bahwa kegiatan ini sangatlah penting untuk diikuti oleh semua guru di MTs Negeri 7 Bantul terutama dalam menghadapi Ujian Madrasah. (day)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728