Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Persiapan Kompetisi Sains Madrasah, Siswa MTsN 7 Bantul Dapatkan Bimbingan Intensif

    Bantul (MTsN 7 Bantul) - Minggu (15/08/2021) bertempat di ruang laboratorium komputer, perwakilan MTsN 7 Bantul melaksanakan simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Ketiga perwakilan KSM tersebut adalah Lutfia Ayu Agustina sebagai peserta KSM matematika, Arminta Yunita Sari sebagai peserta KSM IPA, dan Maharani Khusnul Khotimah sebagai perwakilan KSM IPS. Ketiga siswa ini merupakan siswa yang dipilih setelah terseleksi dari KSM yang diselenggarakan di tingkat madasah sebelumnya.

    Simulasi dimulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 14.30. Terdapat beberapa kendala ketika siswa melaksanakan simulasi KSM. Pada mata pelajaran pertama, matematika, siswa mendapat kesulitan untuk login. Siswa berulang kali harus login ulang karena koneksi terputus dari pusat. Kendala tersebut tidak berlanjut pada simulasi mata pelajaran selanjutnya.

    Tutik Husniati, S.Ag., M.Si. Kepala MTsN 7 Bantul memberikan apresiasi kepada guru dan siswa yang terlibat KSM ini. Ia menyampaikan bahwa pembimbing intensif yang dilakukan oleh guru-guru kepada siswa yang mengikuti KSM merupakan sebuah ikhtiar yang sangat baik. "Saya sangat mengapresiasi upaya guru-guru Majuba terkait pembimbingan intensif ini, mudah-mudahan ikhtiar yang sangat baik ini berbuah hasil yang baik pula," papar Tutik.

    Pada pelaksanaan KSM tahun ini, siswa mendapatkan pembimbingan dari guru mata pelajaran dan pendampingan dari waka kesiswaan. Pembimbingan dimulai sejak awal bulan Juli 2021. Siswa mendapatkan bimbingan secara daring. Siswa berkonsultasi kepada guru lewat aplikasi WA. Materi yang dipelajari didapatkan dari latihan soal tahun kemarin. Tidak hanya materi mata pelajaran yang diujikan saja yang diberikan secara khusus tetapi juga materi pelajaran agama, karena KSM terintegrasi dengan mata pelajaran agama. Sedangkan untuk pengenalan penggunaan perangkat ujian dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan simulasi karena aplikasi ujian baru bisa digunakan pada waktu pelaksanaan KSM.

    Perlu diketahui KSM adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Sebelumnya KSM diselenggarakan secara konvensional mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017. Sedangkan mulai tahun 2018 hingga kini pelaksanaan KSM sudah beralih menjadi berbasis teknologi. (mrh)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728