Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MTsN 7 Bantul Kurbankan 7 Ekor Kambing untuk Lingkungan Sekitar


    Bantul, (MTsN 7 Bantul) -- Salah satu perayaan hari besar Islam telah tiba, MTs Negeri 7 Bantul pun tak luput untuk ikut merayakan hari besar Idul Adha. Kamis (30/7) lalu, MTs Negeri 7 Bantul menyelenggarakan latihan korban dengan tema “Semangat Berkurban: Tingkatkan Keimanan dan Solidaritas Kemanusiaan”. 

    Latihan korban kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam lingkungan yang terdampak covid-19. Kegiatan KBM yang biasanya berlangsung normal pun ditiadakan, seluruh siswa belajar dari rumah menggunakan metode daring. Hal tersebut juga berimbas pada kegiatan peringatan hari besar agama Islam, Idul Adha. Pada latihan korban kali ini, siswa tidak dilibatkan dalam kegiatan PHBI. Hewan korban yang biasanya disembelih di dalam madrasah dan kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar, kali ini tidak dilaksanakan.

    Pada masa sebelum covid-19 mewabah, biasanya MTs Negeri 7 Bantul menyembelih satu ekor sapi dan beberapa ekor kambing. Namun untuk kali ini, hewan kurban yang disediakan hanya berupa kambing saja.

    “Kurban kali ini kita tidak menyembelih sapi, tetapi kami menyediakan beberapa ekor kambing untuk didistribusikan ke beberapa wilayah yang dekat dengan MTs Negeri 7 Bantul sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan kita kepada masyarakat sekitar, terutama daerah yang banyak terdapat siswa MTs Negeri 7 Bantulnya," ujar Drs. Munajat Aminarto, selaku Kepala TU dalam sambutannya pada acara serah terima hewan kurban.


    Hewan kurban yang dibagikan oleh MTs Negeri 7 Bantul berjumlah 7 ekor kambing. Ketujuh kambing ini kemudian dibagikan ke tujuh dusun yang berada di sekitar madrasah. Dusun-dusun yang mendapatkan distribusi hewan kurban antara lain dusun Banyakan II (Kedung Walikukun), Payak Tengah (Pangol), Nglengis, Kemasan, Njetak, Nganyang, dan Cikal.

    Proses pembagian hewan kurban ini dimulai pukul 09.00. Perwakilan dari setiap dusun diminta untuk datang mengambil hewan kurban ke MTs Negeri 7 Bantul dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, yaitu memakai masker dan mencuci tangan ketika berada di dalam lingkungan madrasah. Acara tersebut diawali dengan sambutan oleh Kepala TU dan diikuti penyerahan hewan kurban yang diwaliki oleh OSIS MTs Negeri 7 Bantul, acara berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Penyerahan hewan kurban berakhir sekitar pukul 10.00. Seluruh hewan kurban telah didistribusikan untuk disembelih di lingkungan yang telah dituju. (mrh)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728