Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Inginkan Pembelajaran Daring Menyenangkan, MTsN 7 Bantul Adakan Workshop Quizizz


    Bantul (MTsN 7 Bantul) -- Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret lalu tak ayal memang melumpuhkan sendi-sendi krusial bangsa, salah satunya adalah sendi pendidikan. Social distancing dan physical distancing yang digalakkan oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 memaksa siswa untuk tidak melaksanakan pembelajaran di madrasah. Terhitung sejak akhir Maret lalu hingga Juli ini siswa melaksanakan pembelajaran di rumah. Guru sebagai agen pendidikan, tentunya harus memutar otak agar pembelajaran tetap berlangsung walapun tidak bertatap muka langsung dengan siswa.

    Menyiasati hal tersebut, MTs Negeri 7 Bantul mengadakan workshop pelatihan pembelajaran media berbasis online menggunakan Quizizz. Pelatihan ini dilaksanakan pada 25 Juni lalu ini tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

    Galih Hafidh Pamungkas, S.Pd. selaku pemateri workshop ini memaparkan bahwa Quizizz merupakan salah satu aplikasi pembelajaran berbasis online diantara banyak aplikasi pembelajaran lainnya. Keunggulan yang dimiliki oleh Quizizz adalah tampilannya berbeda dengan media pembelajaran online seperti google classroom atau e-learning.

    "Karena quizizz ini memiliki tampilan yang jauh lebih atraktif, jadi siswa tuh nggak bosan dalam mengerjakan tugas. Pemberian tugas dapat dijadwalkan atau dilakukkan secara live. Selain itu, hasil dari pekerjaan siswa dapat langsung dianalisis oleh guru, jadi lebih menyenangkan guru dan siswa deh pokoknya," papar Galih.

    Ia juga menambahkan bahwa dengan quizizz ini memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran secara daring pada masa-masa pandemi ini.


    Meta Rahmaningrum, S.Pd. salah satu guru peserta workshop ini mengatakan bahwa aplikasi pembelajaran Quizizz ini menarik, namun masih banyak guru yang belum mengetahui dan memanfaatkannya untuk pembelajaran daring.

    "Ya kita guru juga harus belajar, setidaknya melek teknologi lah. Jadi walau pembelajaran jarak jauh, murid tetap senang, menurut saya ya salah satunya lewat Quizizz ini" jelas Meta saat diwawancarai.

    Pada workshop tersebut terlihat guru-guru MTs Negeri 7 Bantul sangat antusias mengikuti pelatihan. Guru-guru langsung mempraktikkan menyusun soal, membagikan soal kepada siswa, melaksanakan ujian secara live maupun terjadwal, dan pengambilan hasil ujian siswa. Sebelum workshop berakhir, Galih selaku pemateri mengajak guru untuk mengerjakan soal bersama-sama dan melihat hasil ujian masing-masing secara live sehingga ikut merasakan asiknya pembejaran online sebagai siswa menggunakan Quizizz. (mrh)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728