Header Ads

ad728
  • Breaking News

    MTs Negeri 7 Bantul Selenggarakan Penguatan Moderasi Beragama

    (Bantul, MTsN 7 Bantul) -- Selasa (10/11) bertempat di Hall MTs Negeri 7 Bantul, diselenggarakan pembinaan terkait Penguatan Moderasi Beragama oleh Kasubag Tata Usaha Kankemenag Bantul, H. Basori S.Ag., M.A. Kegiatan tersebut dihadiri secara antusias oleh seluruh guru dan pegawai di MTs Negeri 7 Bantul.

    Kegiatan tersebut dimulai tepat pukul 13.00 WIB. Diawali dengan pembacaan kalam ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Madrasah, serta pengucapan lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI oleh seluruh peserta pembinaaan.

    Kepala MTs Negeri 7 Bantul, Drs. Ma'mur Amprani, M.Pd. pada sambutannya menyampaikan bahwa pemberian penguatan moderasi beragama di MTs sangatlah penting.

    "Menurut saya MTs merupakan dasar atau fondasi bagi anak-anak kita untuk dapat menghargai keberagaman dan persatuan antar umat beragama di Indonesia. Jadi kita guru-guru MTs juga punya tanggung jawab untuk dapat menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak-anak kita," jelas Ma'mur Amprani saat sambutan.

    "Jadi sebelum menaman nilai-nilai moderasi beragama ke murid, guru-gurunya dulu dikuatkan nilai-nilai moderasi beragamanya," canda Ma'mur saat sambutan.

    Kegiatan penguatan moderasi beragama ini disampaikan langsung oleh Kasubag Tata Usaha Kankemenag Bantul, H. Basori S.Ag., M.A. Basori menyampaikan materi secara santai dengan menambahkan sedikit canda dan guyonan sehingga peserta tetap bisa fokus memperhatikan materi penguatan moderasi beragama.

    Pada kesempatan tersebut Basori menjelaskan bahwa moderasi beragama merupakan solusi kerukunan umat beragama saat ini. Sehingga lewat moderasi beragama umat dapat lebih menghargai perbedaan dan mengedepankan persatuan dibanding perpecahan.

    "Moderasi beragama itu mengajarkan kepada kita untuk tidak terlalu 'kiri' ataupun tidak terlalu 'kanan', di tengah-tengah saja agar bisa saling menghargai antarumat beragama," jelas Basori.

    Basori juga mengenalkan jargon salam moderasi beragama yaitu 'Rukun, Ragam, dan Sepadan'. Harapannya lewat kegiatan ini, nilai-nilai moderasi beragama dapat dipraktikan dalam kehidupan seluruh stakeholder MTs Negeri 7 Bantul. Terakhir, kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama. (day)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728