MTsN 7 Bantul Bekerja Sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Piyungan, Adakan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS)
Bantul (MTsN 7 Bantul) - Hari ini, Senin (26/05) Hall MTsN 7 Bantul terlihat riuh oleh siswa-siswi kelas IX yang sedang mengikuti acara bimbingan remaja usia sekolah (BRUS). Bimbingan ini terselenggara berkat kerja sama antara MTsN 7 Bantul dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul. Program pemerintah ini menyasar pada remaja usia sekolah setingkat SMP/MTs dalam rangka memotivasi dan memperkuat semangat memahami dan mengamalkan tuntunan agama dengan memperindah akhlaqul karimah.
Isnan Rosyid, ketua tim
keagamaan MTsN 7 Bantul dalam sambutannya mewakili Kepala MTs N7 Bantul
mengatakan, bahwa acara bimbingan ini sangat penting untuk perkembangan pola
pikir dan pola asuh bagi siswa yang masuk pada kategori remaja usia sekolah. ”Pertama
saya mewakili Kepala Madrasah mengucapkan selamat datang pada bapak ibu tim
BRUS dari KUA Kapanewon Piyungan yang telah hadir di madrasah kami untuk
memberikan materi bimbingan pada siswa-siswi kami, harapannya semoga bisa
mewarnai sikap dan perilaku siswa kami dalam pergaulan baik di rumah, sekolah
dan lingkungan masyarakat”, kata Isnan Rosyid.
Para pemateri yang terdiri
dari unsur Penghulu, Penyuluh dan staf KUA Piyungan menyampaikan materi dengan
model dan sistem klasikal yang dikemas secara komunikatif dan tanya jawab. Umi
Nasyiah salah satu Penyuluh dari KUA Piyungan dengan gayanya yang energik memandu
penyampaian materi dengan cara diskusi dan tanya jawab. Dibantu Suryadi, Arif
Fauzi dan Fahrur Rozi para siswa sangat antusias menyimak pemaparan materi
bimbingan remaja usia dini (BRUS) yang bertemakan “Perkuat spriritual, perindah
moral”. Konsep diri yang sehat adalah salah satu materi yang di bahas,
bertujuan untuk aktivasi kenali saya, memahami nilai pribadi dengan cara
melatih ketrampilan berkomunikasi terutama dan konteks memperkenalkan diri
kepada orang lain.
Umi Nasyiah menjelaskan bahwa dengan berkomunikasi yang baik, maka kita memetakkan karakter dan pepribadian individu remaja. Diantaranya adalah penyabar, ceria, percaya diri, pemaaf, pemberani, penyayang, rajin, rendah hati, peduli, bijaksana, setia, normal, dewasa/murah hati. Sementara karakter kepribadian yang cenderung emosional contohnya adalah pemarah, pendiam, tidak percaya diri, pendendam, penakut, pembenci, pemala, suka menonjolkan diri, cuek, egois, tidak setia, boros dan pelit. Pemetakan karakter kepribadian individu remaja usia sekolah ini akan memudahkan untuk mengambil sikap apabila terjadi konflik di antara remaja itu sendiri.(khan)
Tidak ada komentar
Posting Komentar